Cara Menggunakan Ice Pack Dengan Benar


Sebelum dipakai, ice pack perlu dibekukan hingga optimal menggunakan chest freezer atau blast freezer dengan  memperhatikan hal-hal berikut : 

​Chest freezer dikenal oleh masyarakat dengan sebutan freezer box. dengan ciri bagian tutup freezer berada di bagian atas dan untuk  blast freezer dikenal masyarakat dengan sebutan freezer rak atau juga disebut freezer es batu

Ice pack dikatakan beku optimal jika warnanya telah memudar dan berbunyi nyaring ketika saling beradu.

Ice pack jenis pembeku dengan kualitas yang baik membutuhkan waktu selama 48 jam saat pertama kali dibekukan dan untuk pembekuan selanjutnya hanya membutuhkan waktu selama 12 - 16 jam. Sebab setelah pemakaian, saat akan dibekukan kembali ice pack masih menyimpan dingin. 

Jika pembekuan  awal ice pack membutuhkan waktu kurang dari 48 jam kemungkin ice pack tersebut adalah jenis ice pack pendingin berbahan hydrogel dengan suhu 0C s/d - 1C, atau jenis homemade ice pack yang terbuat dari larutan alkohol yang hanya mampu bertahan dingin selama 1 - 2 jam dan jika pembekuan awal ice pack membutuhkan waktu berhari-hari namun tidak pernah dapat membeku besar kemungkinan ice pack terbuat dari larutan garam dengan dingin yang tidak optimal dan hanya bertahan selama 1 - 3 jam. Informasi tentang jenis ice pack lihat halaman Tentang Friz Jel

Agar pembekuan ice pack merata beri sepasi antara tumpukan ice pack dengan potongan karton seperti pada gambar.


Dianjurkan untuk menggunakan satu unit freezer yang dikhususkan untuk pembekuan ice pack (tidak dicampur dengan barang lain) agar freezer tidak terlalu sering dibuka-tutup sehingga ice pack dapat membeku dengan cepat dan optimal.


Sub Menu : 
Cara Pakai Ice Pack Untuk Ikan
Cara Pakai Ice Pack Untuk Daging
Cara Pakai Ice Pack Untuk Es Krim
Cara Menghemat 40% Listrik Freezer

Komentar

  1. Terima kasih atas sharenya sekarang jadi tau cara membuat Ice Gel

    BalasHapus
  2. Berarti perbedaan antara Ice Pack, Blue Ice dan Ice Gel hanya di penyebutannya ya Gan..?

    BalasHapus
  3. Berarti Ice Pack bisa di isi di dalam botol Aqua ?

    BalasHapus
  4. Informasi yang luar biasa tentang cara mengemas Blue Ice di dalam botol Aqua bekas

    BalasHapus
  5. Nomor hp yg bs d hubungi kalau mau berlangganan brp
    Tks salam Abk

    BalasHapus

Posting Komentar